Selasa, 09 November 2010

METODE RISET ( Review Jurnal 1,2,3 )

Nama : Windi Dwi Saputro

Kelas : 3 ea 11

Npm : 11208292



REVIEW JURNAL 1

1.a. Tema / topik : Hiv Aids

b. Judul : Strategi penanggulangan Hiv Aids

pengarang : Holmes (Review of human immunodeficiency virus type 1-related opportunistic infections in sub-Saharan Africa

Tahun : 2003

c. Alasan : Dengan semakin meluasnya penyebaran virus Hiv aids diharapkan masyarakat mampu dan memahami apa itu penyakit Hiv Aids

Masalah : 1. Adakah obat yang mampu mengatasi virus Hiv Aids ?

2. Bagaimana jika sudah terjangkit Virus Hiv Aids ?

d. Metodologi

Data : Taking Risk of Taking Responsibility (Panos, London, 1999)

Variabel penelitian : Variabel Bebas

Terapan Penelitian : 1. Analisis data secara statistic deskriptif
2. Evaluasi keseluruhan

e. Hasil dan kesimpulan : Dengan melihat data maupun keterangan yang telah dijabarkan diatas, jelaslah bahwa penyakit/virus HIV sangat membahayakan bahkan lambat laun bisa mematikan. Untuk itu kita semua harus selalu waspada dengan cara menjauhkan diri dari segala perbuatan yang dapat menyebabkan penularan HIV/AIDS, terutama sex bebas dalam arti tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

f. saran lanjutan : Bagi penulis berikutnya disarankan menambah variabel tingkat pembanding dan jumlah penderita Hiv Aids

REVIEW JURNAL 2

2.a. Tema / topik : Hiv Aids

b. Judul : Penyebaran Virus Hiv Aids

pengarang : Djoerban Z & Djauzi S

Tahun : 2006

c. Alasan : Hukuman sosial bagi penderita HIV/AIDS, umumnya lebih berat bila dibandingkan dengan penderita penyakit mematikan lainnya. Terkadang hukuman sosial tersebut juga turut tertimpakan kepada petugas kesehatan atau sukarelawan, yang terlibat dalam merawat orang yang hidup dengan HIV/AIDS.

Masalah : 1. Bagaimana cara penyebaran virus Hiv Aids ?

2. Berapa orang yang telah terinfeksi virus Hiv Aids ?

3. Infeksi opertunistik lannya ?

d. Metodologi

Data : Primer.

Variabel penelitian : Dengan tingkat penyebaran Hiv Aids.

1. Cepat

2. Sedang

3. Lambat

4. Sangat Lambat

Terapan Penelitian : 1. Menganalisis penyebaran Hiv Aids
2. Pemetaan karakteristik penderita Hiv Aids.

Tahap Uji T

e. Hasil dan kesimpulan

Hasil hanya 2 indikator yaitu :

Ho : Virus Hiv Aids dapat menyebabkan kematian.

Ha : Virus Hiv Aids tidak dapat menyebabkan kematian.

Jika nilai Ho lebih kecil dibanding dengan Ha maka, Ho ditolak. Berarti virus Hiv Aids dapat menyebabkan kematian

Kesimpulan : Pada umumnya virus Hiv Aids menyebabkan kematian dan dapat di derita oleh siapa saja.

f. Saran lanjutan : Diharapkan pendekatan ini akan digalakkan di banyak negara yang terinfeksi HIV paling parah, walaupun penerapannya akan berhadapan dengan sejumlah isu sehubungan masalah kepraktisan, budaya, dan perilaku masyarakat.

REVIEW JURNAL 3

3.a. Tema / topik : Hiv Aids

b. Judul : Patogenesis Hiv Aids

pengarang : Siregar, Fadizah A.

Tahun : 2004

c. Alasan dan Masalah : Kita semua mungkin sudah banyak mendengar cerita-cerita yang menyeramkan tentang Hiv Aids. Penyebrangan Aids itu berlangsung secara cepat dan mungkin sekrang sudah ada disekitar kita. Sampai sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan AIDS, bahkan penyakit yang saat ini belum bisa dicegah dengan vaksin. Tapi kita semua tidak perlu takut. Jika kita berprilaku sehat dan bertanggung jawab serta senantiasa memegang teguh ajaran agama, maka kita akan terbebas dari Hiv Aids.

d. Metodologi

Data : Variabel Independen :

Tangible(X1), Reliability (X2), Responsiveness(X3), Assurance(X4), Empathy(X5)

Variabel Dependen :

Penderita Hiv yang masih hidup (Y1), Penderita Hiv yang sudah meninggal (Y2).

Penderita Hiv Aids mencakup :

1. Afrika

2. Asia Selatan

3. Asia Tenggara

Model : Model sampling

Sampel diambil secara acak sistematik dan dihitung berdasarkan rumus sampel minimal dengan menetapkan jumlah sampel dibulatkan menjadi 100 responden. Dengan tingkat kepercayaan 0,01 dalam pengujian normalitas.

Terapan Penelitian : 1. Pengujian Validitas untuk skala penderita Hiv Aids

Afrika , Asia Selatan , Asia Tenggara.

Uji Validitas

Bila setiap indikator memiliki critical ratio yang lebih besar dari 2 kali standar errornya, maka menunjukkan bahwa indikator itu secara valid mengukur apa yang seharusnya diukur dalam model yang disajikan.

2. pengujian reliabilitas alat ukur

Dalam penelitian reliabilitas eksploratori reliabilitas yang sedang antara 0,5-0,6 sudah cukup untuk menguji sebuah hasil penelitian.

3. Teknik Pengujian Hipotesis

Untuk menguji hipotesis dugunakan Struktural Equation Modelign(SEM)yaitu bentuk perluasan atau kombinasi teknik untuk pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relatif rumit secara simultan, pengoperasiannya dengan paket program AMOS 5.

e. Hasil dan pembahasan : a. Pengujian Instrumen Penelitian (Validitas dan Reliabilitas)

b. Pengujian Asumsi-Asumsi SEM

c. Uji Korelasi

d. Uji Model

e. Analisis atas Direct Effect, Inderect Effect, dan Total Effect

Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan untuk pengaruh dimensi tangible (X1) terhadap Penderita Hiv yang masih hidup (Y1) diperoleh nilai C.R sebesar 3,290 (p=0,001) menunjukkan bahwa tangible berpengaruh signifikan terhadap virus Hiv, pengaruh antara reliability(X2) terhadap Penderita Hiv yang masih hidup ( Y1) diperoleh C.R sebesar 0,853 (p=0,394) sehingga reliability berpengaruh signifikan terhadap, Penderita Hiv yang masih hidup. pengaruh antara dimensi responsiveness(X3) terhadap Penderita Hiv yang masih hidup diperoleh nilai C.R sebesar 1.116 (p=0,264) sehingga responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap Penderita Hiv yang masih hidup. Pengaruh antara assurance diperoleh C.R sebesar 2,420 (p=0,016) sehingga assurance berpengaruh signifikan terhadap. Penderita Hiv yang masih hidup Pengaruh antara dimensi emphaty(X5) terhadap Penderita Hiv yang masih hidup diperoleh nilai CR sebesar 0,608 (p=0,543) sehingga emphaty berpengaruh signifikan terhadap. Penderita Hiv yang masih hidup Pengaruh antara Penderita Hiv yang masih hidup (Y1) dengan Penderita Hiv yang sudah meninggal (Y2) diperoleh C.R sebesar (7,708 (p=0,000). Maka setiap indikator pasti saling berkaitan dengan adanya hubungan timbal balik antar satu sama lain yang memeberikan efek yang signifikan maupun tidak signifikan terhadap Hiv Aids.

f. Saran lanjutan : Dengan demikian jika ingin terhindar dari Hiv Aids kita harus berprilaku sehat dan bertanggung jawab serta senantiasa memegang teguh ajaran agama, maka kita akan terbebas dari Hiv Aids.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar