Senin, 15 Maret 2010

Rooney Dongkrak United

Senin, 15 Maret 2010 10:29 WIB | Olahraga | Liga Inggris/Premier |
Rooney Dongkrak United
(REUTERS/Zainal Abd Halim)
London (ANTARA News) - Wayne Rooney mengangkat Manchester United kembali ke puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah memenangkan timnya 3-0 atas Fulham, sedangkan gol pertama Adam Johnson membuat Manchester City imbang 1-1 di Sunderland, Minggu.

Tim asuhan Sir Alex Ferguson itu dilangkahi Chelsea yang menang atas West Ham, Sabtu, tetapi Rooney mencetak gol pada detik ke-30 setelah turun minum di Old Trafford sekaligus merupakan golnya yang ke-32 musim ini, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dimitar Berbatov mencetak gol ketiga United pada menit akhir sehingga memastikan tim itu unggul dua poin dari The Blues di puncak klasemen serta tim urutan ketiga Arsenal.

Ferguson menyatakan keyakinannya Rooney yang dalam kondisi prima akan dapat melewati rekor Cristiano Ronaldo yang sudah mencetak gol sebanyak 42 kali musim ini.

"Saya katakan beberapa waktu lalu tidak mungkin seorang pemain mencetak 42 gol tetapi ternyata ia sudah melakukannya dan Rooney kini sudah 32 gol, sehingga bukan tidak mungkin ia akan melewati rekor Ronaldo," kata Ferguson kepada Sky Sports News.

"Ia akan melakukan hal itu dalam delapan pertandingan liga ke depan dan kemungkinan lima dalam laga Eropa. Jadi ia memiliki 13 pertandingan lagi ke depan dan siapa tahu apa yang akan terjadi. Saya gembira ia dapat melakukannya dan kami menikmati gol yang diciptakannya," katanya.

"Saya kira Fulham amat kuat dan mereka membuat kami harus bekerja keras. Sangat sulit mengambil bola dari mereka. Mereka memiliki pemain berpengalaman dan amat mahir mempermainkan bola," katanya.

"Kami harus mencoba meningkatkan permainan dan menjaga jarak dengan mereka. Tetapi gol pertama Rooney merupakan momentum hebat yang membuat mereka amat terpukul sehingga kehilangan momentum," kata pelatih itu.

United kalah 0-3 atas Fulham awal musim ini tetapi Rooney, yang sudah mencetak 16 gol dalam 11 penampilan terakhirnya, membuat kejuatan ketika mendapat umpan dari Nani dan menembak dari jarak 10 yard ke dalam gawang yang dikawal Mark Schwarzer.

Pemain depan Inggris Rooney memperkuat kemenangan timnya ketika mengulangi aksinya pada menit ke-84 setelah mendapat umpan dari Berbatov.

Berbatov menambah angka timnya ketika memanfaatkan umpan dari pemain sayap asal Korea Selatan, Park Ji-Sung, pada menit ke-89.

Di Stadion Light, City berharap dapat menjaga jarak dengan tim urutan keempat Tottenham dalam perburuan tempat ke Liga Champions.

Tim asuhan Roberto Mancini kecolongan ketika Kenwyne Jones menggetarkan jala gawang mereka setelah mendapat umpan dari Steed Malbranque pada menit kesembilan.

City mendominasi babak kedua dan Carlos Tevez memaksa penjaga gawang Sunderland, Craig Gordon, melakukan penyelamatan mengesankan saat menahan bola yang melayang dari jarak pendek.

Gordon juga menjinakkan dua kali gebrakan Craig Bellamy tetapi ia terperangah ketika mantan pemain sayap Middlesbrough Johnson mengelabuinya pada menit akhir, sehingga City terpaut dua angka dengan Tottenham.(A008/A024)

www.antara.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar